Skip to content

Makrab KSSL

Juli 24, 2011

Acara makrab KSSL 2011 terdiri dari pentas seni (pensi), diskusi mengenai satwa – satwa liar, serta alumni KSSL bertukar pengalaman yang pernah dialami selama mereka bergabung dengan KSSL, serta outbond untuk lebih mengakrabkan antar anggota KSSL dan alumni KSSL.

Jumat, 17 Juni 2011 Pukul 17.00 – 19.30 WIB

Para peserta dan panitia berkumpul di kampus FKH UGM untuk persiapan berangkat ke Desa Wisata Gunung Api Purba, Wonosari. Pemberangkatan peserta dan panitia di bagi menjadi 2 gelombang,pukul 16.00 dan pukul 17.00 WIB. Peserta gelombang 1 yang telah sampai di Desa Wisata Gunung Api Puba terlebih dahulu dapat beristirahat sejenak sambil menunggu peserta gelombang 2. Kegiatan setelah sampai di tempat makrab adalah ishoma.

 

Jumat, 17 Juni 2011 Pukul 19.30 – 22.00 WIB

Acara pertama yaitu pembukaan. Acara dibuka oleh panitia sie acara Asdila Putri sebagai pembawa acara. Sambutan ketua Panitia oleh Cindra Riskiyana dilanjutkan sambutan ketua KSSL oleh Eni Purwaningsih. Kemudian acara selanjutnya pentas seni (pensi). Pensi dimulai dari pembagian perserta menjadi empat kelompok, kemudian masing – masing kelompok berunding apa yang akan mereka tampilkan di pensi. Pensi dibuka oleh panitia sie acara Ervina Ryan Puspasari sebagai pembawa acara.

Setelah pensi selesai, ada diskusi mengenai KSSL yang diisi alumni KSSL Barlian Purnama Putra. Diskusi yang disampaikan mengenai kapan berdirinya KSSL, dan bertukar cerita mengenai pengalaman yang pernah dialami selama menjadi anggota KSSL. Disini alumni bercerita mengenai pengalaman magang saat berada di Pulau Tinjil. Sebagai anggota KSSL seharusnya kita lebih unggul mengetahui tentang satwa – satwa liar, misalnya bagaimana behavior hewan – hewan tertentu khususnya satwa liar. Karena itu dapat menjadi bekal untuk ke depannya kita menjadi seorang dokter hewan.

Pada sesi tanya jawab, beliau menjawab beberapa pertanyaan yang diberikan oleh peserta makrab mengenai medis pada satwa liar. Sebagai anggota KSSL kita tidak perlu terlalu jauh mengenai medisnya karena suatu saat nanti itu akan diberikan pada kuliah. Namun, KSSL mengajarkan dasar – dasar medisnya, misalnya cara dan tempat pengambilan darah pada masing – masing kelas hewan yaitu reptile, aves, mamalia, atau primata.

Diskusi pun melebar sampai forum satwa liar yang bernama Chelonia. Chelonia merupakan forum satwa liar yang anggotanya merupakan mahasiswa – mahasiswa yang tertarik dengan konservasi satwa liar. Mengapa dinamakan Chelonia karena Chelonia itu jangkauannya luas, jadi harapannya forum ini dapat menjangkau semua orang yang peduli mengenai konservasi satwa liar. Selain itu, Chelonia berumur panjang, harapan lainnya bahwa forum ini dapat berumur panjang.

Setelah selesai mengenai diskusi itu, seluruh peserta istirahat.

 

Sabtu, 18 Juni 2011 Pukul 09.00 – 12.00 WIB

Sebelum outbond, para peserta dipersilahkan sarapan. Setelah itu peserta bersiap – siap untuk outbond. Outbond terdiri dari 3 pos. Masing – masing pos terdapat games. Games pada pos pertama yaitu “panjang – panjangan”. Peserta diharapkan membuat rantai panjang menggunakan barang – barang yang dipunya. Kelompok yang lebih panjang akan menang. Maka kelompok yang menang bisa mencoret – coret muka kelompok yang kalah dengan menggunakan arang.

Pos berikutnya yaitu lomba ketangkasan. Masing – masing kelompok mengirimkan salah satu anggotanya untuk mengikuti games ini. Mata ditutup, kemudian peserta lomba harus melewati bambu yang sudah dipersiapkan panitia hanya dengan perintah dari teman kelompoknya. Peserta yang paling cepat menuju finish lah yang menang. Sama seperti sebelumnya, kelompok yang menang berhak mencoret wajah anggota kelompok yang kalah. Kemudian sambil beristirahat sejenak, para peserta dapat menikmati pemandangan di atas bukit.

Pos selanjutnya menuruni bukit. Gamesnya yaitu kecepatan. Telah disiapkan lubang – lubang yang dibuat dengan menggunakan tali rafia. Lubang tersebut ada dengan berbagai ukuran. Setiap anggota kelompok harus melewati lubang itu dengan syarat setiap orang melalui lubang yang berbeda. Kelompok yang paling cepat melewati lubang tersebutlah yang akan menang.

Kemudian para peserta kembali berkumpul di pendopo untuk istirahat sejenak dan pengumuman pemenang dari acara Pensi dan Outbond. Kelompok yang menang mendapatkan doorprise yang sudah dipersiapkan oleh panitia. Setelah itu, pada pukul 12.00 WIB seluruh peserta persiapan pulang.

Iklan
No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: