Lanjut ke konten

International Workshop on Primatology

Agustus 26, 2009

Berbagai  kegiatan yang berkaitan dengan satwa liar dilaksanankan dalam rangka Dies Natalis FKH UGM yang ke 63. Salah satunya yang berkaitan dengan satwa liar adalah pelaksanaan International Workshop on Primatology. Rangkaian workshop berskala internasional ini berlangsung selama dua hari yang bertempat di Fakultas Kedokteran Hewan UGM dan Kebun Raya dan Kebun Binatang Gembira Loka. Workshop yang berlangsung tanggal 11-12 Agustus ini tidak lepas dari KSSL (Kelompok Studi Satwa Liar) sebagai bagian dari Kepanitiaan dan pelaksana kegiatan. Dengan tema “Closer Look at Primate’s Health, Biology, Psychology and Legal Aspect” menghadirkan pembicara dan instruktur dari berbagai organisasi dan lembaga yang bergerak di bidang satwa liar dari lokal dan dunia.

Workshop yang berisi tentang primata dimulai dengan pengenalan dengan berbagai macam primate oleh salah satu dosen FKH UGM, drh. Esti memberikan gambaran jenis-jenis primate yang ada dan perkembangannya. Isu terbaru mengenai primate di dunia juga dibicarakan dalam workshop ini oleh Dr J. Wendi Bailey (Liverpool School of Tropical Medicine). Steve Unwin, sebagai salah satu instruktur dari Chester Zoo, UK selain ikut ambil bagian dalam memberikan materi teknik laboratorium untuk mendiagnosa parasit pada primate, juga memberikan pelatihan tentang cara handling dan restrain.

Workshop di hari kedua, giliran dari BKSDA Yogyakarta memberikan materi tentang aspek legalnya, dalam hal ini disampaikan oleh Ir. Titi Sudaryanti. Raffaella Commitante, PhD dari California State University menyampaikan tentang “Understanding Patterns of Primate Behavior” dan juga cara-cara pengamatannya. Dan tidak ketinggalan pula tentang materi dari segi kesehatan dan psikologi primate, ini merupakan materi penutup yang disampaikan oleh Prof. Anne Russon dari York University, Canada. Profesor yang fasih berbahasa Indonesia ini juga menjadi instruktur dalam sesi praktik pada hari kedua. Dalam sesi praktik tentang behavior, kesehatan dan psikologi dilakukan di Kebun Raya dan Kebun Binatang Gembira Loka.

Dalam Workshop ini, peserta yang datang tidak hanya dari praktisi dokter hewan saja, ada dari beberapa LSM yang ikut berpartisipasi. Bahkan, tidak hanya dari dalam negeri, ada beberapa peserta dari luar negeri antara lain dari Belanda, Amerika dan Inggris.

Dalam acara ramah tamah, Prof. Anne Russon menyampaikan bahwa beliau sangat senang sekali dengan acara ini, bahkan beliau menyarankan untuk mengadakannya lagi di tahun mendatang. Selain itu, Profesor dari Canada ini menginginkan untuk menjadi salah satu dosen pengajar satwa liar di FKH UGM. (Hafidh)

Iklan
3 Komentar leave one →
  1. rinni permalink
    Agustus 28, 2009 3:55 am

    SIP!!!
    SALAM LESTARI!!

  2. Agustus 29, 2009 6:41 am

    Workshop yang mengesankan….
    penuh ilmu…
    penuh teman….
    penung kenangan….

  3. Desember 10, 2009 4:35 am

    dia rtikel nya bisa di kasih foto gak?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: